Petunjuk Mencari Kekayaan Dalam Al-Qur’an Dan Hadis

Sebagai seorang muslim, tentunya setiap langkah haruslah berpijak pada aturan yang ditetapkan oleh al-Qur’an dan Hadis. Sebab seperti yang diperintahkan oleh baginda Rasul, dua pusaka itu jika dipegangi oleh seorang muslim maka dia tidak akan tersesat. Dan al-Qur’an – Hadis sudah mengatur segalanya untuk manusia termasuk dalam urusan mencari rezeki atau kekayaan.
 Dayat_tatto
Dan inilah beberapa petunjuk  dan dalil dari Al – Quran dan Hadis Rasulullah saw dalam mencari rezeki dan mendapatkan berkah dan kekayaan . Dekatkan diri Anda dengan Islam karena Allah akan memberi beberapa keuntungan baik di dunia maupun di akhirat . Apa saja petunjuk itu?

1. Allah Memberi Kekayaan Jika Takut Kepada Neraka
Allah s.w.t. berfirman dalam sebuah hadis qudsi : ” Wahai manusia , jika engkau takut kepada neraka sebagaimana engkau takut kepada kemiskinan , niscaya Aku akan memberi kekayaan kepadamu dari jalan yang tidak dapat engkau sangka . ” Hadis Qudsi , Imam al – Ghazali , Saran dan Bimbingan . Tahqiq : Dr . Abdul Hamid Salil Hamdan .

2. Allah Memberi Kekayaan Jika Seseorang Memohon KepadaNya .
Dari Ibnu Mas’ud r.a. , Rasulullah s.a.w. bersabda yang artinya : ” Barang siapa yang jatuh miskin , kemudian dia minta bantuan kepada orang lain, pasti orang itu tidak dapat menghilangkan kemiskinannya . Tetapi , jika dia menujukan permohonannya hanya kepada Allah, pasti Allah akan mencukupinya dengan waktu yang singkat atau dengan memberinya kekayaan cepat . ” HR abu Daud

3. Orang yang Mencari Harta Dunia Secara Halal
Sesungguhnya Allah s.w.t. sangat mencintai orang yang berusaha atau bekerja mencari rezeki dengan keringatnya sendiri . Dengan cara ini seseorang dapat memenuhi kebutuhan dan kewajibannya terhadap diri , keluarga dan masyarakat . Bahkan posisinya adalah lebih baik daripada bersikap pemalas dan meminta – minta dari orang lain . Rezeki yang diambil dari sumber yang haram seperti korupsi dan sebagainya, lambat laun akan menimbulkan kecelakaan dan masalah dalam hidup tidak hanya di dunia bahkan di akhirat juga .
Rasulullah s.a.w. bersabda : ” Mereka yang mencari harta dunia ( kekayaan ) dengan jalan yang halal dan menahan dirinya dari meminta – minta ( tidak menjadi pengemis )
dan berusaha mencari nafkah untuk keluarganya serta belas kasihan, kasih sayang terhadap tetangganya , niscaya di hari kiamat kelak ia akan bertemu dengan Allah dengan muka berseri – seri seperti bulan purnama pada waktu malam . ” HR At – Tabrani

4. Curahkan Waktu Untuk Beribadat Kepada Allah
Allah s.w.t. berfirman dalam sebuah hadis qudsi : ” Wahai manusia , curahkanlah waktumu untuk beribadah kepada – Ku , akan Kupenuhi hatimu dengan kekayaan , Aku beri berkah pada rezekimu dan Aku semayamkan rasa tenteram dalam dirimu . Jangan lalai dari mengingatKu ; jika engkau lengah dan lalai , maka Aku akan penuhi hatimu dengan kefakiran  jasadmu selalu merasa letih dan penat dan dadamu berdukacita . ” Hadis Qudsi , Imam al – Ghazali , Saran dan Bimbingan . Tahqiq : Dr . Abdul Hamid Salil Hamdan .
Allah Pasti Memberi Rezeki dan Kekayaan yang Melimpah Ruah . Firman Allah ” Jika mereka itu tetap berada di atas jalan Allah , pasti Allah akan memberikan kepada mereka itu rezeki dan kekayaan yang melimpah ruah . ” Surah Jin : 16

5. Bersifat Qanaahlah ( merasa cukup ), Engkau Akan Kaya
Allah s.w.t. berfirman dalam sebuah hadis qudsi : ” Wahai sekalian manusia , bersifat qanaahlah, engkau akan kaya. Jauhilah sifat hasad supaya engkau merasa tenteram dan jauhilah perbuatan haram sehingga agamamu menjadi bersih . ” Hadis Qudsi , Imam al – Ghazali , Saran dan Bimbingan . Tahqiq : Dr . Abdul Hamid Salil Hamdan .

6.Pemberian Allah Kepada Kita Adalah Menurut Sebanyak Mana yang Kita Berikan Kepada Orang Miskin
Allah s.w.t. berfirman dalam sebuah hadis qudsi : ” Wahai manusia, perbendaharaan – Ku tidak akan habis selamanya . Sebanyak mana engkau memberi, sebanyak itulah yang Ku – beri untukmu ; sejauh mana engkau tahan, sejauh itulah pula yang Kutahan daripadamu . Kekikiranmu memberi bantuan kepada orang – orang miskin dari harta yang Kukaruniakan kepadamu, karena engkau berburuk sangka terhadapKu dan karena engkau takut menjadi miskin atau karena engkau tidak percaya kepadaKu . ” Karena , sesungguhnya Kujadikan engkau sejak semula memiliki keinginan yang besar akan harta. Karena itulah Aku telah memberimu harta . Sekarang , patutlah engkau tidak kikir dan bakhil membagikan hartamu itu kepada hamba – hamba – Ku ; Aku pun telah menjamin gantinya, dan menjanjikan balasannya . ” Hadis Qudsi , Imam al – Ghazali , Saran dan Bimbingan . Tahqiq : Dr . Abdul Hamid Salil Hamdan.

7. Ridho Dengan Apa yang Ditetapkan Allah
Allah s.w.t. berfirman dalam sebuah hadis qudsi : ” Barangsiapa yang ridho akan bagian yang telah Kutetapkan baginya, maka aku beri keberkahan pada harta dan rezekinya ; dunialah yang datang mengejarnya, meski pun ia tidak menghendakinya . ” Hadis Qudsi , Imam al – Ghazali , Saran dan bimbingan . Tahqiq : Dr . Abdul Hamid Salil Hamdan.
Itulah 7 diantara banyak petunjuk mencari kekayaan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Tentu masih banyak lagi petunjuk-petunjuk yang bisa kita baca dalam kedua pedoman hidup itu. Karena itu, selalu baca dan pahami makna al-Qur’an dan Hadis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s