EFEK PUTUS CINTA SAMA SEPERTI SAKAW PADA PECANDU KOKAIN (HEROIN) …


Bismillahir-Rahmaanir-Rahim … New York, Ketika sedang put us cinta, perasaan dan suasana hati menjadi sulit untuk dikontrol. Di otak, efek semacam ini ternyata sama seperti yang dialami pecandu kokain saat sedang sakaw.

Sebagian orang menganggap perasaan itu sangat menyakitkan, bahkan bisa memicu berbagai gangguan kejiwaan antara lain depresi. Perilaku yang menyertainya kadang cukup serius, misalnya bunuh diri atau melakukan tindakan kriminal yang membahayakan orang lain.

“Ini menunjukkan bahw a rasa cinta yang begitu mendalam dapat memicu adiksi atau ketergantungan seperti halnya kokain,” ungkap Arthur Aron, profesor psikologi sosial dan kesehatan dari Stony Brooke University, dikutip dari NYdailynews

(detikhealth.com, 26/7/2010).

Kata pujangga, cinta letaknya di hati. Meskipun tersembunyi, namun getarannya tampak sekali. Ia mampu mempengaruhi pikiran sekaligus mengendalikan tindakan.

 

.. Sungguh, Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan ke marahan menjadi rahmat. Cintalah yang mampu melunakkan besi, menghancurkan batu karang, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta … (Jalaluddin Rumi).

 

 

Namun hati-hati juga dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta palsu. Cinta yang tidak dilandasi kepada Allah. Itulah para pecinta dunia, harta dan wanita. Dia lupa akan cinta Allah, cinta yang begitu agung, cinta yang murni.

Oleh karena itu wahai sahabat … Janganlah berputus asa terhadap rahmat dan kasih sayang Allah di kala semua cinta semu di dunia ini telah menjauh. Engkau sama sekali tak kehilangan apapun ketika itu, kecuali engkau berpaling dari Allah. Cinta Allah cinta yang tak bertepi. Jikalau sudah mendapatkan cinta-Nya, dan manisnya bercinta dengan Allah, tak ada lagi keluhan, tak ada lagi tubuh lesu, tak ada tatapan kuyu. Yang ada adalah tatapan optimis menghadapi segala cobaan dan rintangan dalam hidup ini.

Begitu pula saat jodoh tak datang jua. Usaha penjemputannya selalu tersia-sia … Dunia tampak sempit dan muram. Kehidupan terasa tak ramah dan ingin berlari menjauhinya. Betapa menderita sehari-hari terhimpit dalam kesedihan.

Bagi mereka saya ingin katakan bahwa semuanya sudah diatur oleh Allah. Rezki, maut, jodoh, dan langkah kita, itu semuanya sudah ada suratannya dari Allah. Karena itu pula kita pun jangan berlaku pasrah dan dan menyerah serta beranggapan semua kekalahan dalam hidup ini Allah yang atur.

Saya pun ingin mengatakan bahwa kita tak pernah tahu apa yang ditetapkan Allah untuk kita. Jangan berfikir tentang msiteri itu, karena sehebat apapun mahkluk-mahkluk Allah untuk membuka tabirnya tak akan menghasilkan apa-apa selain angan-angan dan keterpurukan.

Wahai sahabat, lakukanlah apa yang bisa kau lakukan, apa yang kau kuasai dan apa-apa yang engkau bisa mengubahnya. Carilah cinta sejati dengan petunjuk Allah, dan jangan kau mencari jalan pintas. Redanya dahaga cinta yg kau peroleh dengan cara mengkhianati Allah sesungguhnya hanya akan menambah haus dan hampa.

Untuk hal-hal yang tidak engkau kuasai, dan hal-hal yang tidak bisa engkau mengubahnya, jangan engkau gila karenanya.

Sesungguhnya Allah hanya melihat dan menilai usaha dan proses yang sahabat semua lakukan.

Allah tidak melihat hasil dari semua kerjamu. Sesungguhnya tertolaknya engkau dari pujaan hatimu takkan membuatmu berdosa. Sesungguhnya jeleknya wajahmu, hitamnya kulitmu, peseknya hidungmu, miskinnya hartamu, dan hal-hal yang tak bisa engkau mengubahnya, yang menyusahkanmu untuk menyudahi masa lajangmu adalah urusan Allah. Engkau tidak akan dihisab dan dimintai pertanggungjawaban karenanya. Jangan kau bersedih karena hal itu. Allah mengujimu sebagai tanda kasih-Nya.

Maka dari itu, pasti ada hikmah besar yang Allah berikan. Tetaplah engkau ada di jalan Allah di saat semua hidup terasa sulit. Raihlah cintaNya, cinta sejati yang tiada bertep i… Jika Allah menghendaki, seluruh isi dunia akan melayani … Subhallah wa alhamdulillah, wa laa ilaha illallahu Allahu Akbar… Wa laa haula wa laa quwwata illaa billah…. Wallahu’lam

 

~ o ~

Silahkan DICOPAS atau DI SHARE, ..
jika menurut sahabat note ini bermanfaat ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s